BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Jumat, 26 Juni 2009

Seting koneksi internet menggunakan modem Hp cdma di Windows.

Add to Technorati Favorites
Sebetulnya sudah banyak posting tentang masalah ini yang dimuat di internet, tapi tidak ada salahnya saya membuatnya siapa tau bisa bermanfaat bagi teman teman yang membutuhkannya.
Peralatan yang dibutuhkan
Untuk memulai membuat koneksi internet dengan menggunakan HP cdma sebagai modem, alat alat yang dibutuhkan antara lain:

Seperangkat computer, kabel data (bisa DKU2 Bisa Ca42 atau yang lainnya disesuaikan dengan jenis HPnya), driver kabel, Hp cdma(merek Nokia seperti 2112, 2116, 2280, 3405, 3125,3205, 3586, 6016, 6015, 6225, 6585 dan yang lainya) beserta kartu serta driver modem.untuk menghemat biaya penulis sarankan mencari HP cdma seken saja harga kisaran antara 200 – 350 ribu (sesuai dengan kondisi), bahkan lebih murah lagi kalau HP yang dibeli hanya menggunakan kardus sarimi alias tidak berkardus… he… he…
Untuk jenis kabel yang hendak anda gunakan sebaiknya gunakan kabel yang menggunakan kabel yang berdriver jenis prolific, yang lebih kompatibel dengan berbagai jenis computer(sebab menurut pengalaman penulis ada jenis kabel yang hanya kompatibel dengan computer lama, dan kalau dipaksakan dipakai computer jadi hang), walau pun demikian tidak usah memaksakan diri membeli kabel ori, karena harganya tentu mahal. Untuk biaya kabel ini harga dipasaran antara 40 – 50 ribu.
Selajutnya yang terakhir adalah kartu Hp cdma. Ada beberapa jenis operator seluler untuk cdma seperti: Fren, Flexi, Esia, Hepi dan Starone.tentukan pilihan andadisesuaikan dengan kondisi sekitar anda jaringan mana yang ada, dan tetunya pertimbangkan baik baik tariff internet msing masing operator, ini tentunya ujung ujungnya dalam rangka menghemat biaya.kalau penulis sendiri menggunakan kartu Starone.


Langkah langkah instalasi.
Instalasi kabel
Hidupkan computer, colokkan kabel data ke Usb yang ada, setelah muncul found new hardware wizard, masukkan cd driver kabel tinggal di next maka biarkan computer mencari sendiri driver kabel, setelah selesai klik finish.untuk mengecek apakah proses instalasi kabel berhasil, periksa dengan: klik kanan mykomputer – klik propetis – klik hardware – klik device manager – klik tanda(+) pada port(com&lpt) sudah ada prolificnya belum(klo sudah ada berarti proses instalasi sukses) yang perlu anda perhatikan adalah kabel prolific itu berada pada com berapa… anda perlu mengingat karena ini diperlukan untuk singkronisasi dengan driver modem.
Instalasi driver modem
Untuk instalasi driver modem ini pastikan anda sudah memiliki file “nmpCDMA200_x1, yang ukuran filenya sekitar 27kb. Dikomputer anda. Langkah selanjutnya buka control panel – klik view classic untuk memudahkan pencarian, selanjutnya klik phone and modem. setelah muncul tayangan seting losakimu dengan memilih Indonesia serta memasukkan 62 pada kode area trus klik OK.selanjutnya klik tombol modem – add modem – pada install modem ceklis pada don,t detec mymodem - klik next – klik have disc – klik browse – cari pada file nmpCDMA200_x1 klik terus tekan open, klik OK.maka pad kotak manufacture akan muncul Nokia Mobile Phone CDMA2000….. klik maka pada kotak model akan muncul tiga pilihan pilihlah yang tengah yaitu NokiaCDMA2000 1x 3G paket data modem. Trus klik next – pada select port sesuaikan dengan com yng ada pada kabel data yang anda install tadi.trus klik continue any way ikuti hingga selesai.klo modem dah teristal tinggal klik OK.
Instalasi terakhir
Klik control panel – network conection - create new connection – welcome new wizard klik next – connect to the internet next – set up my connection manually next – connect using dial up modem next – connection name beri nama sesuai nama kesukaan anda.next – phone number isi dengan #777 next internet account information sesuaikan dengan kartu yang anda pakai. Ikuti hingga finish.klo proses sudah selesai maka anda tinggal memasang hp pada kabel dan lakukan proses dialing….. selamat menikmati internet dirumah sendiri….
Berikut ini adalah daftar accon information beberapa operator yang saya ketahui.
Flexi
Username : telkomnet@flexi
Password : telkom
Fren
Username : m8
Password : m8
Starone
Username : starone
Password : indosat

0 komentar:

Posting Komentar